Langsung ke konten utama

Tips Membangun Rumah Baru (Membangun dari Nol)

Tips Membangun Rumah Baru https://rumah123plus.blogspot.com

Memiliki rumah merupakan keinginan semua orang. Ada beberapa cara untuk mewujudkannya. Dengan membeli rumah baru dari developer alias perumahan. Membeli rumah second yang masih layak dan membangun rumah sendiri.

Semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Pertanyaannya kemudian adalah sebaiknya membeli rumah jadi di perumahan atau membangun rumah sendiri dari nol?

Langkah awal, bandingkan dulu kemampuan finansial Anda jika membeli rumah jadi dengan membangun rumah sendiri.

Apabila Anda sangat berniat untuk membangun rumah sendiri berikut ini tips mudah dan rincian yang harus Anda lakukan:

1. Cek harga rumah baru.

Anda cari informasi dulu berapa harga rumah baru di perumahan yang dijual developer saat ini di area terdekat dengan lokasi yang akan Anda bangun rumah. Cari tipe dan spesifikasi material yang digunakan.

Apabila sudah cocok harga dan tipe yang Anda inginkan simpan sebagai bahan pembanding nantinya.

Bagaimana Anda bisa tahu berapa harga bangunannya saja lepas dari harga tanah rumah yang dijual oleh developer?

Caranya, Anda bisa langsung bertanya saja pada developer. Apabila susah mendapat informasinya, Anda dapat memperkirakan harga tanah dari harga jual tanah Anda sendiri.

Sebagai kisi-kisi, developer akan menjual tanah dan bangunan dengan perbandingan 1,5:1 di lokasi premium. Sedangkan di luar lokasi premium antara 1:1 sampai 1:2.

Contoh: di lokasi premium dekat pusat kota dan 5 menit dari bandara, rumah 2 lantai dengan luas tanah 120 m2 dan luas bangunan 156 m2, harga jual rumah baru oleh developer Rp. 2.265.000.000,-. Untuk membangun rumah tersebut developer menghabiskan biaya Rp. 858.000.000,-.

Kemudian apabila sudah mengetahui harga bangunan, baru Anda bagi dengan luasan bangunan agar mendapatkan harga bangunan per meter perseginya. Luasan bangunan ialah luas bangunan tiap-tiap lantai yang dijumlah seluruhnya.

2. Tentukan desain rumah.

Setelah banyak membaca literasi gaya desain rumah yang Anda incar, selanjutnya Anda mencari arsitek untuk berkonsultasi. Lebih baik yang bisa langsung bertemu dan bertatap muka dengan Anda.

Ragu dengan fee arsitek? Nih Anda bisa baca fee arsitek disini terlebih dulu. Tidak perlu takut dengan mitos bayar arsitek itu mahal.

Tips Membangun Rumah Baru (Membangun dari Nol)

Semua bisa membuat rencana rumah, tapi yakinlah arsitek dapat lebih baik lagi merancang desain rumah baru tersebut. Selain konsultasi wujud bangunan, Anda bisa berkonsultasi berapa biaya dan cara menghemat biaya pembangunan rumah baru.

Kegagalan Anda mewujudkan rumah baru yang sesuai dengan keinginan dan budget Anda kemungkinan salah satu faktornya adalah menghilangkan budget konsultasi ini.

Dalam proses desain rumah baru ini akan dibahas mengenai berapa hal:

a. Rencana jumlah penghuni.

Untuk memunculkan kebutuhan ruang yang diperlukan.

b. Gaya/style rumah yang diinginkan.

Banyak sekali gaya desain, yang saat ini lagi tenar adalah modern yang di dalamnya termasuk gaya minimalis. Ada juga orang yang menginginkan desain yang tidak biasa seperti gaya kontemporer.

c. Material untuk struktur bangunan dan material finishing yang akan digunakan.

d. Rencana anggaran biaya.

Hal yang menjadi krusial, jadi atau tidaknya bangunan rumah baru. Rencana atau desain yang bagus tanpa memperhitungkan berapa biayanya hanya akan sia-sia apabila ternyata dana tidak mencukupi.

Saran, gunakan desain rumah yang dapat dibangun secara bertahap.

Pada saat artikel ini ditulis, penulis menghitung harga bangunan per m2 mencapai 4,5 juta Rupiah. Dengan spesifikasi medium, menggunakan pasangan dinding bata ringan, finishing lantai homogenius tile ukuran 60x60 cm kisaran harga 160 ribu/m2 dan sanitari standar memakai closet duduk serta shower mandi produk Toto.

Agar lebih tepat, penghitungan biaya harusnya dihitung berdasarkan item pekerjaan atau disebut rencana anggaran biaya (RAB).

3. Pelaksanaan pembangunan rumah.

Setelah selesai dengan desain rumah dan rencana anggaran biaya yang matang, saatnya memulai pelaksanaan pembangunan.

Anda bisa dengan cara menyerahkan pekerjaan tersebut kepada kontraktor profesional apabila Anda tidak memiliki waktu lebih untuk mengerjakannya. Coba tawarkan kepada beberapa kontraktor untuk mengajukan penawaran harga  kepada Anda. Dalam hal ini penawaran harga pelaksanaan sudah termasuk material dan jasa.

Tips Membangun Rumah Baru (Membangun dari Nol)

Apabila Anda memiliki rencana anggaran biaya yang sudah dibuat konsultan Quantity Surveyor Anda, tinggal serahkan daftar item pekerjaan dalam rencana anggaran biaya(RAB) kepada kontraktor tersebut. Kontraktor tinggal memasukkan penawaran harga satuan pekerjaan.

Sedangkan jika belum memiliki RAB tersebut maka Anda bisa meminta kontraktor untuk membuatkannya sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Namun sekiranya Anda tidak cocok dan merasa harganya tidak sesuai dengan dana Anda, baiknya Anda juga menyampaikan kabar dan alasan dengan baik kepada kontraktor tersebut.

Karena belum familiarnya pengerjaan proyek rumah tinggal oleh perusahaan kontraktor profesional di masyarakat kita, maka pelaksanaan proyek pembangunan rumah baru  biasanya dikerjakan dengan cara swakelola, cukup dengan pemborong tenaga sebagai pelaksana.

Hal ini tidak mengapa asalkan tukang bangunannya sudah terampil dan berpengalaman. Untuk mengetahui lebih baik menggunakan jasa tukang dengan sistem borongan atau harian? akan dibahas artikel selanjutnya.
 
Untuk biaya pembangunan rumah sangat relatif tergantung dari komponen yang dipakai di dalamnya.

Dapat dikatakan murah jika efektif dan efesien dalam proses pembangunannya. Efektif, apabila dalam perencanaan/desain sudah matang tidak berubah-ubah (bongkar pasang dalam pelaksanaan) dan sesuai dengan target waktu penyelesaian. Efesien, bagaimana menggunakan material yang tidak mahal tapi hasinya bagus.

Demikian tips membangun (yang murah) rumah baru yang efektif dan efesien. Semoga dapat berguna bagi Anda.

Komentar